Metode Bahasa Ibu dalam pengajaran bahasa Arab

Metode Bahasa Ibu
Diantara sekian banyak metode pembelajaran bahasa Arab untuk non-`Arab, lahirnya metode terbaru yang pertama kali diperkenalkan detailan konsepnya oleh Doktor Usamah Sai`idan, walaupun metode ini masih dalam tahapan penjajakan, belum terbentuk media ilmiah yang berbentuk kurikulum yang valid, namun, kami merasa patut juga untuk kita para pengelola lembaga pendidikan Islam dan bahasa Arab untuk mencobanya, karena selalu yang sukses dan berhasil dalam penerapan metode, mereka yang fleksibel dalam penggunaannya.
Metode "Bahasa Ibu" adalah salah satu metode yang mengupayakan mengajarkan bahasa arab dalam lingkungan Arab yang alami, ataupun mengupayakan membentuk lingkungan yang ke"arab"an dalam proses pengajaran bahasa Arab, walaupun ini terjadi dalam bentuk yang tidak nyata. proses pengajarannyapun dimulai dari ruang kelas belajar dan dilanjut ke tempat/lingkungan yang sudah dibentuk dengan nuansa ke"Arab"an.
Dalam metode ini murid/siswa tidak memiliki buku panduan pembelajaran, hanya guru yang memilikinya.
kelebihannya: metode ini menjadikan siswa mencintai bahasa Arab, yang sampai akhirnya dia akan merasakan bahasa Arab itu sebagai bahasa ibu keduanya, karena praktek berbicaranya dalam bentuk praktek langsung, pengetahuan yang didapatkan siswa akan lebih bertahan lama, karena pada dasarnya metode ini mengajarkan bahasa Arab dalam bentuk praktek langsung, selain itu dalam metode ini bahasa yang diajarkan (baik mufradat atau polanya) hanya yang terlibat dalam keseharian siswa
sekian

Komentar

Postingan Populer